Search

Loading...

Tempat Berkicau


ShoutMix chat widget
Wednesday, 28 July 2010
Home » » Tips Belajar yg Baik

postheadericon Tips Belajar yg Baik



Cara belajar semasa kuliah tentunya sangat berbeda dan memang harus berbeda dengan cara belajar di SD, SMP dan SMA. Kalau cara belajar di SD, SMP dan SMA hanya perlu “pandai + rajin”, maka cara belajar semasa kuliah tidak cukup itu saja tapi juga perlu ditambah menjadi “pandai + rajin + inovatif”…

Ada seorang guru saya bahasa Inggris waktu di ALT (American Language Training) Cideng di tahun 1986 dulu yang mengatakan, belajar di universitas harus menggunakan rumus “RWRQ” singkatan dari Read, Write, Review, Question.

Read, bacalah textbook atau class notes yang nantinya dijadikan bahan referensi untuk ujian. Ujian di sini berarti UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), dan USP (Ujian Semester Pendek). Ada teman yang mempelesetkannya menjadi Ujian Tidak Serius, Ujian Agak Serius, dan Ujian Serius Pisan !


Write, setelah membaca textbook atau classnotes usahakan menuliskan kembali hal-hal yang telah anda baca tadi. Bisa dalam bentuk list atau paragraf, tapi yang terbaik adalah yang dituliskan dalam bentuk Concept Map, terutama untuk mata kuliah yang berbau sosial dan banyak kata-kata yang mesti dihapalkan. Di Toko Buku “T.I.S.” atau “Indiana Memorial Union” dulu banyak dijual apa yang disebut “index card” yaitu kartu berukuran 10 x 8 cm berwarna putih. Dijualnya dalam bentuk 100-an buah (1 set), yang sering digunakan oleh mahasiswa Amerika untuk menuliskan apa saja yang telah dibacanya, sehingga sampai sebelum ujian ia masih sempat merefresh pikiran sebentar dengan melirik index card ini..

Review, coba ulangi atau sebutkan kembali apa-apa yang sudah anda kuasai sejauh ini ? Cukupkah untuk menghadapi ujian besok ? Kalau sudah cukup, berarti catatan persiapan ujian yang anda buat sudah cukup ok, tapi kalau belum cukup berarti masih perlu ditambahkan beberapa hal yang belum sempat anda masukkan ke index card tadi..



Question, coba bertanyalah kepada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya besok akan muncul di ujian.  Contoh pertanyaan ini juga bisa didapatkan dari sample old exam yang bisa anda dapatkan di tempat fotocopy sekitar kampus. Jika anda sudah berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik, berarti catatan dalam index card anda sudah ok..

Tentang Academic Dishonesty, di Indiana University dulu di setiap awal semester mahasiswa diberikan copyan 1 halaman pasal tentang academic dishonesty yang terdapat dalam buku Catalog Universitas. Kecurangan di dalam ujian akan berakibat anda dikeluarkan atau di-expell dari universitas, bahkan pada saat pertama anda melakukan penyontekan (expelled from the university at the first offence)…

Jadi, hati-hatilah. Jangan sampai gara-gara nyontek anda akan dikeluarkan dari universitas. Belajar sendiri dengan keras dan percaya kepada diri sendiri akan sangat berguna secara jangka panjang bagi diri anda sendiri, daripada mengejar “kesenangan sesaat” dengan nyontek (cheating) yang pada akhirnya anda hanya akan mendapatkan “nilai palsu”…

Selamat mencoba dan good luck !
sumber : http://windeart.blogspot.com/2010/05/cara-belajar-yang-baik.html

Artikel Terkait



0 comments:

Blog Archive