Tempat Berkicau


ShoutMix chat widget
Tuesday, 10 August 2010
Home » » 3 Manfaat Makan Lebih Lambat

postheadericon 3 Manfaat Makan Lebih Lambat

Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang makan lebih cepat akan mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada makan lebih lambat. Karena, hormon glucagon yang dihasilkan pankreas untuk meningkatkan kadar gula dalam darah tubuh -berlawanan dengan insulin yang menurunkan kadar gula darah- bekerja lebih efektif dalam proses pencernaan yang lambat daripada saat mencerna dengan cepat. Selain itu, glucagon juga berfungsi sebagai pemberi "sinyal" ke hipothalamus untuk perasaan kenyang. Sehingga, dengan makan lebih lambat, Anda lebih cepat merasa kenyang dan porsi makn pun menjadi lebih kecil.

Manfaat Makan Lebih Lambat
Metode slow eating atau memperlambat proses makan, tidak hanya akan membantu tubuh untuk mengurangi porsi makan dan akhirnya membuat Anda lebih langsing. Namun juga memberi manfaat lainnya. Di antaranya:


1. Lebih Menyenangkan
Dengan makan lebih lambat, Anda lebih menikmati proses makan sehari-hari. Makan tidak lagi sekadar kebutuhan hidup, namun sebuah proses yang dapat dirasakan dan proses rekreasi. Jika selama ini Anda tak pernah memerhatikan tekstur, rasa, dan komposisi makanan yang Anda santap, kini sebaliknya, Anda juga tak harus menjalani diet super ketat yang menyiksa, namun cukup mengkonsumsi makanan sehat dan rendah lemak.


2. Pencernaan Lebih Baik
Proses pencernaan yang terpenting pada manusia sebenarnya terjadi di dalam mulut. Ketika enzim dalam saliva Anda mulai bekerja. Dengan mengunyah lebih lama, perut Anda mendapat "sinyal" mengenai makanan yang akan dicerna, misalnya jenis karbohidrat atau protein di dalam mulut. Sehingga, perut juga akan bersiap-siap dengan enzim yang tepat untuk menyambut makanan masuk.

3. Mencegah Resistensi Insulin
Dengan makan lebih lambat, tubuh Anda jugat tidak "kaget" dan melepaskan insulin dalam jumlah besar untuk mengimbangi karbohidrat yang masuk. Sehingga fungsi pankreas Anda dapat terjaga dan produksi insulin dapat terus berjalan baik. Hal ini, membantu mencegah terjadinya pengurangan produksi insulin atau diabetes.


Tak ada salahnya mencoba metode sederhana ini. Tubuh lebih langsing tanpa diet menyiksa. Di samping itu, banyak pula manfaat lain yang bisa Anda peroleh.
(Primanila Serny/Majalah Chic)
Sumber Berita Kompas.com

Artikel Terkait



0 comments:

Blog Archive