Tempat Berkicau


ShoutMix chat widget
Sunday 15 August 2010
Home » , , » 5 langakah Mencintai Dirisendiri

postheadericon 5 langakah Mencintai Dirisendiri

pasangan, teman, dan bahkan keluarga yang sangat mencintai Anda, ternyata masih sulit untuk mencintai diri sendiri. Mungkin Anda merasa bahwa diri Anda tidak layak untuk dicintai, entah itu karena penampilan Anda, atau ketidakmampuan menyisihkan lebih banyak waktu untuk keluarga. Karena tidak mampu mencintai diri sendiri, akibatnya Anda menjadi tidak percaya diri. Jika demikian, Anda perlu belajar untuk dapat mencintai diri sendiri.

1. Afirmasi
Afirmasi adalah suatu pernyataan positif tentang Anda yang dapat Anda katakan setiap hari. Misalnya Anda mengatakan, "Saya berhasil" atau "Saya pintar". Jika Anda mengatakannya terus-menerus maka Anda akan mulai mempercayai perkataan tersebut.

2. Membuat daftar yang baik tentang diri Anda
Bila Anda tidak mencintai diri sendiri, sering kali Anda hanya memikirkan hal-hal negatif yang ada pada diri Anda. Anda perlu mengingatkan bahwa Anda juga memiliki karakter yang positif. Kali Munro, seorang psikoterapis, menyarankan agar Anda membuat daftar tentang hal-hal positif pada diri Anda. Anda juga dapat meminta teman untuk menjelaskan hal-hal apa saja yang mereka sukai dari diri Anda. Kemudian, simpan daftar tersebut untuk meningkatkan mood Anda.

3. "Mencampakkan" hal negatif
Setiap orang lebih mudah melihat sisi negatif dari diri seseorang, termasuk diri sendiri. Jika Anda menyadari berbagai macam hal negatif yang ada pada diri Anda, mulailah membuat pernyataan positif untuk mengubahnya. Misalnya Anda berpikir, "Suami pasti tidak suka kalau aku memakai pakaian warna merah." Katakan kembali pada diri Anda, "Aku suka warna merah, dan aku terlihat bagus dengan warna ini!" Melalui pernyataan tersebut, Anda akan semakin mencintai diri sendiri.

4. Buat perubahan semampu Anda
Anda mungkin memiliki hal-hal yang tidak Anda sukai, namun sebenarnya bisa Anda kendalikan. Misalnya, Anda ingin menurunkan berat badan atau ingin mendapatkan sebuah gelar. Maka, mulailah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika berhasil, Anda akan merasa lebih baik.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri
Kesibukan sehari-hari mungkin telah menghabiskan waktu sehingga Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Padahal, "me time" itu sangat penting. Gunakan waktu setelah anak-anak tidur atau bangunlah lebih awal untuk mendapatkan waktu tersebut. Misalnya, melakukan yoga, berjalan-jalan, ataupun membaca novel Andrea Hirata yang terbaru. Semua hal tersebut dapat membantu Anda meningkatkan hubungan dengan diri sendiri.
M05-10

Editor: Dini

Sumber: modernmom

Artikel Terkait



1 comments:

cungvet said...

Makasih ya atas sarannya..
berguna sekali buat saya agar lebih mencintai diri saya sendiri...

Blog Archive

Labels